Alamat:
Jl. RE Martadinata No.200B, Cipedes, Tasikmalaya.
Tlp : 0265-7297400
Fax : 0265-7297401
Email: info@rsiabundaaisyah.com
Web: www.rsiabundaaisyah.com

Artikel

Angka Kematian Ibu 0%

RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BUNDA AISYAH KOMITMEN BEKERJA SESUAI STANDAR
Ibu adalah sosok perempuan yang paling berjasa dalam kehidupan seorang anak termasuk kita. Kasih ibu sepanjang masa, begitulah peribasa yang kita kenal untuk menggambarkan betapa besarnya kasih sayang ibu untuk anaknya, taka da perumpamaan seindah apapun mungkin yang sebanding dengan realita kasih sayang yang ibu berikan dengan tulus kepada kita. Ibu adalah anggota keluarga yang berperan penting dalam mengatur semua terkait urusan rumah tangga, pendidikan anak dan kesehatan seluruh keluarga. Dalam penyelenggaraan upaya kesehatan, ibu dan anak merupakan anggota keluarga yang perlu mendapatkan prioritas. Oleh karena itu, upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak mendapat perhatian khusus. Penilaian terhadap status kesehatan dan kinerja upaya kesehatan ibu penting untuk dilakukan pemantauan. Hal tersebut dikarenakan Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator yang peka dalam menggambarkan kesejahteraan masyarakat di suatu Negara.

Kematian ibu menurut definisi WHO adalah kematian selama kehamilan atau dalam periode 42 hari setelah berakhirnya kehamilan, akibat semua sebab yang terkait dengan atau diperberat oleh kehamilan atau penanganannya, tetapi bukan disebabkan oleh kecelakaan/cedera.

Pemerintah bersama masyarakat bertanggung jawab untuk menjamin bahwa setiap ibu memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan ibu yang berkualitas, mulai dari saat hamil, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih, dan perawatan pasca persalinan bagi ibu dan bayi, perawatan khusus dan rujukan komplikasi, serta akses terhadap keluarga berencana.

Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang mengutamakan kesehatan ibu dan anak, sesuai dengan Motto Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah “SAHABAT KESEHATAN BUNDA DAN BUAH HATI”.

Sebagai upaya untuk menunjang kepentingan informasi yang diperlukan, Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah melakukan survey tidak adanya angka kematian ibu periode Maret- Mei 2019.

METODE PENELITIAN

Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan deskriptif analitik non eksperimental, sedangkan untuk rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kohort prospektif.

SUBYEK PENELITIAN

Subyek penelitian ini adalah ibu dengan penyulit persalinan, perdarahan, sepsis, dan preeklampsi/eklampsi di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah.

POPULASI DAN SAMPEL

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ibu dengan penyulit persalinan, perdarahan, sepsis, dan preeklampsi/eklampsi di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah. Teknik yang digunakan adalah total sampling, dimana seluruh pasien (ibu dengan penyulit persalinan, perdarahan, sepsis, dan preeklampsi/eklampsi) pada setiap bulan selama periode Maret-Mei 2019 dijadikan sampel.

ANALISA

Trend Angka Kematian ibu pada periode Maret-Mei 2019 stabil, dimana tidak adanya angka kematian ibu (AKI) di Rumah Sakit Ibu dan Anak. Hal ini dapat dipengaruhi beberapa factor, diantaranya :

  1. Tenaga Kesehatan yang sudah terlatih dan kompeten, dapat mendeteksi dini segala bentuk komplikasi selama hamil, dan ditangani dengan baik.
  2. Tenaga Kesehatan yang terlibat dalam proses persalinan memiliki pengetahuan, kemampuan, alat-alat kesehatan dan fasilitas untuk mendukung persalinan yang aman.

KESIMPULAN

Tidak adanya Angka Kematian Ibu (AKI) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah. Hal ini merupakan salah satu pencapaian Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah dalam mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan yang berorientasi pada kesehatan dan keselamatan pasien, sesuai Motto Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah “SAHABAT KESEHATAN BUNDA DAN BUAH HATI”